Menyetir mobil jarak jauh bukan hanya melelahkan tetapi juga butuh konsentrasi penuh, apalagi jika Anda melakukan perjalanan di malam hari. Kondisi fisik seseorang pastinya akan lebih cepat lelah di malam hari. Oleh karena itu, Anda perlu tahu tips menyetir mobil di malam hari agar tetap aman dan nyaman. Simak ulasannya berikut ini:

Mengemudi Mobil di Malam Hari dengan Aman dan Nyaman

1. Membersihkan kaca depan

Ini trik sederhana untuk mengurangi sorot cahaya dari kaca mobil saat malam hari. Lap kaca mobil Anda dengan koran bekas. Cara ini dinilai bisa mengurangi residu kaca yang mengilat dan menghilangkan titik embun yang menempel di kaca mobil.

Triknya adalah dengan membasahi dulu permukaan kaca mobil, lalu bersihkan dengan menggerakkan koran searah. Dengan begitu kotoran akan terangkat dan tidak meninggalkan bekas. Jika tips menyetir mobil di malam hari ini masih kurang, Anda bisa membersihkan lagi dengan cairan pembersih dan lap sampai kering.

2. Kalibrasi lampu mobil

Beberapa mobil keluaran baru memiliki lampu utama yang terkadang menyorot ke arah yang lebih rendah dari yang dibutuhkan. Solusi untuk masalah ini sebenarnya bisa Anda temukan di buku manual mobil agar Anda bisa mengaturnya sendiri. Tetapi pastikan arah sorot lampu tidak mengganggu lalu lintas di depan mobil Anda.

3. Menggunakan fog lamp

Fog lamp atau lampu kabut adalah komponen krusial pada mobil yang sangat berguna saat melalui kabut di malam hari. Lampu kabut ini tidak hanya bisa digunakan di jalan berkabut, tetapi juga baik untuk menerangi jalan saat keadaan tak berkabut. Sebab pancaran lampu kabut lebih luas dibanding lampu mobil biasa.

4. Mengaktifkan spion auto dimming

Kaca spion yang kotor bisa membahayakan pengemudi saat menyetir mobil di malam hari. Sebab spion yang kotor ini bisa memantulkan sorot lampu dari mobil di belakang Anda sehingga bisa membuat mata jadi silau. Untuk itu Anda disarankan untuk rutin mengelap kaca spion sebelum melakukan perjalanan malam hari.

Anda juga bisa mengaktifkan fitur auto dimming. Ini adalah fitur standar untuk mobil di Eropa. Jadi saat ada mobil di belakang Anda yang menyalakan lampu dim, maka kaca spion berfitur auto dimming akan mengurangi pantulan sinar sehingga tidak membuat Anda silau.

Kondisi seperti itu sangat bahaya, karena saat mata mengalami silau mata Anda akan mengalami kebutaan sementara selama 1,4 detik. Itu artinya mobil Anda akan berjalan tanpa kendali sejauh 34  meter.

Demikian tips menyetir mobil di malam hari yang perlu Anda perhatikan. Yang terpenting juga adalah Anda sebaiknya menepi dan beristirahat sejenak jika mulai mengantuk. Apalagi jika melakukan perjalanan panjang antar kota atau antar propinsi seperti saat mudik lebaran. Semoga bermanfaat.